Berita

Waspada Situs Palsu PeduliLindungi, Ini Ciri-cirinya

SELAMA pandemi covid-19, banyak sekali hoaks dan modus penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Salah satunya adalah pemalsuan situs PeduliLindungi yang ramai dibahas masyarakat belum lama ini.

Situs palsu PeduliLindungi itu beredar dengan nama http://www.pedulilindungia.com/. Tampilan situs tersebut dibuat sama persis dengan tampilan situs resmi dan juga ada laman untuk memasukkan data pengguna dan informasi terkait covid-19.

Baca juga: Satgas: Waspada Ada Situs Palsu PeduliLindungia.com 

Meski serupa, situs palsu ini memiliki perbedaan mencolok. Perbedaan utamanya terletak pada bagian domain. Situs PeduliLindungi yang asli adalah pedulilindungi.id, sementara aplikasi yang palsu adalah pedulilindungia.com.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Selain itu pada situs yang palsu juga terdapat tambahan huruf A pada akhir tautan PeduliLindungi. Kemudian terdapat informasi dengan nomor rekening bank BCA atas nama Nurmainah.

Baca juga: Ini Arti Warna Hijau, Kuning, Merah, Hitam di Scan Barcode PeduliLindungi 

Oleh karena itu, masyarakat diimbau berhati-hati saat membuka situs PeduliLindungi. Bagi Anda yang ingin melihat sertifikat vaksin covid-19 maka bisa mengunduh di situs resmi PeduliLindungi.id atau melalui aplikasinya yang sudah tersedia di App Store maupun PlayStore.

Setelah masuk, Anda cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mengetahui status vaksinasi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memeriksa riwayat hasil tes covid-19 yang telah dijalani.

(han)

Back To Top