Berita

Waspada, Operasi Endometriosis Punya Efek pada Cadangan Ovarium

MASA menstruasi rani memang akan mengalami bermacam-macam macam gejala, termasuk kram perut. Tapi bagi beberapa diantara kita, mereka mengalami rasa kecil yang berbeda dibandingkan orang lain.

Ada yang mengalami nyeri di perut bagian bawah & panggul secara ekstrem. Zona, bagi yang mengalaminya coba deh dicek, jangan-jangan Kamu kena endometriosis

Endometriosis terjadi ketika aliran darah menstruasi yang berbalik ajaran. Kondisi ini terjadi ketika jaringan yang membentuk susunan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi daripada Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Andon Hestiantoro, mengatakan endometriosis pada perempuan yang sudah menopause (mati haid) akan mereda ataupun menghilang.

Penyakit dengan bergantung atau dipengaruhi hormon estrogen ini umumnya dialami wanita usia produktif yaitu saat hormon sedang banyak-banyaknya. Pada anak-anak, biasanya endometriosis belum bergejala karena belum pubertas, estrogen belum meningkat.

“Pada perempuan menopause, hormon estrogen telah lebih rendah. Kemungkinan kurang endometriosis akan mereda atau menghilang setelah menopause, ” kata dia.

Endometriosis sendiri, kerap menimbulkan gejala nyeri hebat era haid pada bagian perut dan infertilitas sebenarnya bisa diobati yakni menggunakan obat, yang tidak menekan hormon estrogen rendah seperti di kondisi menopause (di kolong 30 pg/ml) atau bahkan membiarkan tinggi (di atas 50 pg/ml).

Back To Top