Berita

Tips Masak Jengkol agar Tidak Aroma

Tips Masak Jengkol agar Tidak Aroma

Hampir sebagian masyarakat Indonesia pasti pandangan dan menyukai jengkol. Makanan dengan termasuk polong – polongan tersebut dikenal dengan bau semerbaknya. Sebab karena itu, beragam cara bisa dilakukan agar bau menyengat lantaran tumbuhan khas Asia Tenggara ini hilang.

Memiliki nama sains Pithecollobium Labatum ini tumbuh pada berbagai wilayah Indonesia. Biasanya jengkol dimasak dengan menu semur, balado, keripik, dan lainnya. Walaupun mempunyai bau yang menyengat, penggemar jengkol tidak berkurang dan terus meningkat.

Melansir dari News MNC Tv, Fatoni selaku pemilik Republik Jengkol memberikan saran, “Rendam selama sehari semalam kemudian kupas kulitnya supaya rempah – rempah yang di presto meresap sempurna. Nanti pas matang, bau menyengat jengkol hendak hilang. “

Dia menambahkan, “Saya tidak merendamnya dengan air kapur karena akan merubah rasa. Siap sudah tidak legit, tidak enak. Tapi kalau pakai rempah mengambil, rasa akan tetap ada dan bau hilang. “

Baca Juga: Intip Foto Prewedding Nikita Willy-Indra Priawan Bernuansa Mulia dan Elegan

Rempah yang digunakan untuk menghilangkan aroma menyengat jengkol yaitu jahe, lengkuas, sereh, daun salam, dan daun jeruk. Pertama, geprek jahe had tipis kemudian masukkan jengkol serta rempah lainnya ke dalam kuali besi. Tambahkan air kemudian masak had matang.

“Masak jengkol kalau di presto hanya satu jam tapi jika di tungku biasa makan waktu empat jam. Setelah direbus, baunya sudah hilang namun rasanya tetap ada. Dan jengkol bisa diolah sesuai keinginan, ” tambahnya.

Merebus jengkol sebelum diolah menjadi masakan lain, menyusun dagingnya empuk dan menghilangkan bau. Jadi, saat mengonsumsinya tidak perlu khawatir akan mulut bau. Kamu dapat mencoba resep ini dalam rumah ya dan semoga berguna.

(hel)

Back To Top