Berita

Seberapa Sering Peralatan Sholat Kudu Dicuci Selama Ramadhan?

PERLENGKAPAN sholat untuk menunaikan ibadah pada bulan Ramadhan seperti wadah, mukena, dan sajadah kudu sering dicuci. Ini terkait menjaga kebersihannya di era pandemi covid-19.

Lantas, seberapa sering kudu mencuci sarung, mukena, tenggat sajadah yang dipakai beribadah di masjid saat kamar Ramadhan di tengah pandemi covid-19?

Baca juga: 5 Menu Sahur yang Positif dan Memberi Banyak Energi untuk Tubuh 

Ketua Bagian Pedoman dan Protokol Awak Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr dr Eka Ginanjar SpPD-KKV mengatakan sebaiknya perlengkapan sholat dicuci secara rutin agar kebersihannya tersem-bunyi.

“Tidak menetapkan setiap hari, tapi reguler dicuci jauh lebih bagus, misalnya tiga sampai empat hari sekali, ” ungkapnya, seperti dikutip dari Antara , Sabtu (24/4/2021).

Apabila menguatkan, pisahkan perlengkapan sholat untuk di rumah dan buat di masjid atau buat dibawa saat bepergian.

Siapkan tas istimewa yang berisi sajadah, wadah, atau mukena untuk dibawa ke masjid. Jagalah senggang dengan orang lain untuk meminimalkan risiko droplet tertempel di perlengkapan sholat.

Dia mengingatkan orang-orang untuk menerapkan protokol kesehatan tubuh memakai masker, menjaga jangka, dan mencuci tangan.

Baca selalu: 4 Manfaat Mengawali Sibak Puasa dengan Minum Tirta Mineral 

Pilihlah masjid ataupun tempat sholat yang sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan mengikuti suruhan dari pemerintah mengenai keyakinan pelaksanaan Sholat Tarawih, termasuk memiliki sirkulasi udara yang baik.

“Selama sirkulasi dalam masjid dirasakan baik, maka tidak urusan shalat di dalam masjid. Prinsip VDJ (ventilasi, periode, dan jarak) harus diperhatikan, ” ujarnya.

Tapi sah-sah saja bila jamaah memilih Sholat Tarawih di area luar ruangan ketika berada di masjid.

(han)

Back To Top