Berita

Punya Sayap, Dinosaurus Ini Justru Tak Mampu Terbang

Punya Sayap, Dinosaurus Ini Justru Tak Mampu Terbang

DINOSAURUS kecil bertanda Yi dan Ambopteryx muncul di China sekira 160 juta tahun lalu. Mereka memiliki sayap seperti kelelawar yang memungkinkan melakukan kehidupan di udara. Namun, ahli paleontologi berkesimpulan bahwa mereka tidak pernah terbang dalam arti sebenarnya. Justru mereka meluncur dengan buruk yang membuatnya kalah saing dengan burung.

Sebelumnya para ilmuwan yang menemukan fosil Yi beranggapan bahwa hewan ini bisa terbang dan menyebutnya pelopor di dalam evolusi penerbangan dalam kaitannya secara burung. Tetapi belakangan Dr Thomas Dececchi dari Mount Marty University berasumsi sebaliknya.

Baca juga: Seorang Anak Temukan Fosil Dinosaurus Berusia 69 Juta Tahun 

Awalnya Dececchi menyimpulkan bahwa ada dua dinosaurus theropoda hidup di pohon yang mungkin mengonsumsi makanan seperti insect, biji-bijian, dan tumbuhan lain. Dia mengira dinosaurus ini sama semacam tupai atau ular terbang dengan mampu berpindah tempat tampat menyentuh tanah.

Ketika Dececchi dan timnya merekonstruksi tubuh Yi, mereka berkesimpulan hewan ini memiliki otot yang terbatas. Dinosaurus tersebut hanya melompat dari ketinggian serta menggunakan beberapa kepakan untuk memperpanjang jarak peluncuruannya. Tidak satu pula dari mereka yang mampu buat terbang.

“Mereka bisa meluncur, tapi bahkan meluncurnya kendati tidak bagus, ” kata Dececchi, dikutip dari IFL Science , Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Peneliti Temukan Fosil Dinosaurus Mirip Burung Beo 

Back To Top