Berita

Punya Anak Transgender seperti Oscar Lawalata? Psikolog: Hargai Pilihan Hidupnya!

PENYUNGGUHAN Oscar Lawalata sebagai transgender mencuat ke publik setelah Youtube The Lawalatas membagikan video bertajuk ‘UNTOLD ‘UNTOLD STORY OSCAR LAWALATA – Merdeka Diri! ‘. Di situ Oscar blak-blakan melanggar kehidupannya sebagai seorang transgender.

Tak ragu, Oscar pun menjelaskan proses Panjang yang harus dijalaninya agar bisa open, terbuka kepada keluarganya, yaitu Reggy Lawalata (ibu) dan Mario Lawalata (adik). Dalam penuturannya, kekuatan nafsu lah yang membuat dia gagah mengaku kepada keluarganya.

Namun, jalan penyampaiannya berbeda antara ke muda dan ibu. Ya, menurut Oscar, Mario itu orangnya lebih cuai dan rileks sehingga bicara ke Iyo, sapaan akrabnya ke Mario, lebih luwes.

  oscar

Beda masa dia mesti mengungkapkan siapa dirinya ke Reggy Lawalata. “Kalau pas mama, dia itu orangnya peduli minded, tapi ada konservatifnya, tetap ada kerasnya gitu. Nah, cara ngobrolnya gimana, ya? Jadi, kita yang mempunya spesial case tersebut, kita juga dituntut untuk bertambah smart untuk berbicara sama orang, walaupun itu orangtua kita dan saudara kita, ” papar Oscar.

Berkaca dibanding tindakan yang diambil Oscar Lawalata, berani mengungkapkan tentang jati diri yang menurut anggapan masyarakat jadi sesuatu yang berbeda, tentu saja bukan hal yang mudah, makin jika kamu ada di golongan minoritas. Karena itu, menurut Psikolog Klinis Meity Arianty, sebagai suku, sudah seharusnya anak atau bagian keluarga lain yang mengaku jadi transgender atau kelompok minoritas asing itu berbicara lebih dulu kepada ke keluarganya.

Membaca Juga:   Oscar Lawalata: Ijab kabul adalah Kertas 

“Rasanya sudah sangat tepat bahwa orang pertama di luar dirinya yang harus menerima kondisi itu adalah keluarga, karena bagaimana pula keluarga adalah tempat paling aman buat seseorang merasa diterima zaman menghadapi persoalan apa pun, ” papar Mei pada Okezone mencuaikan pesan singkat, Rabu (19/8/2020).

Back To Top