Berita

Pergantian Covid-19 Pengaruhi Efektivitas Semua Vaksin? Ini Jawaban Tabib

MUNCULNYA mutasi covid-19 atau varian baru virus corona membuat masyarakat kembali mempertanyakan tingkat efektivitas vaksin dalam melindungi tubuh penerimanya. Pasalnya, beredar kabar dengan menyebutkan efektivitas sejumlah vaksin covid-19 menurun terhadap pergantian yang muncul.

Baca juga: Rumusan Mutasi Covid-19 dan Pengaruhnya terhadap Penularan 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Cofight. id @cofight_id, Kamis (22/4/2021), dokter relawan covid-19 Muhammad Fajri Adda’i membenarkan apabila ada kurang vaksin yang mengalami kemerosotan efektivitas akibat adanya mutasi covid-19.

“Sudah ada petunjuk bahwa beberapa vaksin berkurang efektivitasnya dalam hal daya menetralisasi virus terhadap varian baru. Setiap vaksin biar berbeda tingkat penurunannya. Studi ini ada yang berbasis lab atau di tingkat populasi, ” terang dr Fajri.

Baca juga: Seluruh Hewan Uji Coba Vaksin Covid-19 Mati?  

Meski serupa itu, hal tersebut tidak asi untuk semua virus. Lengah satunya adalah vaksin covid-19 buatan Sinovac. Sebab tenggat saat ini belum tersedia penelitian yang berjalan dalam China yang menyelidiki tanda tersebut.

“Yang menariknya adalah Sinovac tersebut berisi virus yang pasif sehingga diharapkan antibodi yang terbentuk lebih beragam, tidak hanya peka terhadap zat putih telur spikenya, ” tuntasnya.

(han)

Back To Top