Berita

Mom, Ajari Buah Hati Belajar Ilmu Sambil Bermain dengan Crossbow Mari

Mom, Ajari Buah Hati Belajar Ilmu Sambil Bermain dengan Crossbow Mari

Belajar sambil berlaku memang mengasyikkan. Nah, bagi para-para orangtua yang mungkin kehabisan pikiran membuat anak-anak tetap produktif selama di rumah saja ada jalan, Mom bisa mengembangkan kreativitas bujang dan mengajarinya tentang sains sambil bermain.

Seperti pikiran kreatif dari 3M Indonesia dengan merupakan perusahaan berbasis sains. 3M Science Games, mengajak anak usia sekolah dasar untuk mengenal lebih dalam science dengan cara yang asik dan menyenangkan.

Pemeriksaan sains kali ini tentang elastisitas. 3M Indonesia memberikan pilihan aktifitas orang tua dan anak untuk bersekolah science dirumah dengan percobaan science sederhana lantaran DoctoRabbit. Dimana para orangtua dapat mengajak buah hati mereka buat berkreasi membuat pelontar atau Crossbow. Hanya menggunakan karet dan dijepit pengungkit, maka karet menyimpan tenaga potensial dari elastisitas karet. Ketika karet dilepaskan, maka karet mau kembali ke bentuk semula (awalnya) dan dapat melontarkan anak panah yang terpasang di karet itu.

Mom, yuk tepat simak saja keseruan bermain sambil belajar tentang elastisitas ini secara membuat karya Crossbow bersama si kecil.

– Sumpit tempat 1 buah

– Sumpit bulat 1 buah

– Stik es krim 2 pokok

– Karet 10 pokok

– Sedotan pop ice 1 buah

– Sedotan kaku 1 buah

– Polyfoam 1 foam

Cara Membuat:

– Ikatlah stik es krim di salah satu ujung sumpit hingga membentuk huruf ‘T’ menggunakan karet.

– Ikatkan karet pada kedua ujung stik es yang berguna sebagai longgar pelontar. Ikatkan juga potongan pendek sedotan pop ice pada pucuk sumpit yang sudah diikatkan stik es krim sebelumnya.

– Pada ujung sumpit yang lain, buatlah pengungkit menggunakan potongan stik es krim yang diganjal segmen pendek sumpit bulat. Ikatlah dengan karet. Pengungkit tersebut berguna untuk menjepit anak panah.

– Cara bermainnya adalah sebagai berikut: masukkan anak panah (sedotan ganjil yang ujungnya diberi polyfoam) meniti sedotan pop ice. Sentuhkan pucuk sedotan kaku pada karet pelontar lalu tarik dan jepit pucuk sedotan pada pengungkit. Arah Crossbow pada target, lalu tekan pengungkit hingga anak panah sedotan kaku dapat terlontar.

Barangkali bukan, saatnya buat Mom untuk mencoba kreatifitas ini bersama sang buah hati di rumah, dengan percobaan sederhana ini tentu berarti akan menjadi istimewa karena menjelma momen kebersamaan dengan keluarga. Terjamin mencoba.

CM

(yao)

Back To Top