Berita

Mengenal Jeruk Bali Merah, Miliki Manfaat dan Bahaya buat Tubuh

SEJUMLAH orang suka mengonsumsi grapefruit atau jeruk bali abang. Pasalnya, buah ini mempunyai rasa enak dan menyehatkan.

Jeruk bali merah sendiri memiliki bukti berkulit tebal oranye, kemudian isinya berwarna merah. Grapefruit memiliki rasa manis dan agak asam. Buah ini mengandung berbagai vitamin serta mineral penting, dan lazimnya dikonsumsi secara utuh ataupun dijus.

Baca juga: Badan Loyo, Makan 4 Pokok Ini Bangkitkan Stamina!  

Sebagaimana dilaporkan Medical News Today , jeruk bali abang pertama kali diketahui di dalam abad ke-18. Ini merupakan persilangan antara jeruk bali dan jeruk biasa. Orang menyebutnya “grapefruit” karena bersatu seperti anggur.

Grapefruit memiliki banyak nutrisi yang tidak kalah dengan buah lain. Grapefruit sugih nutrisi, antioksidan, dan serat. Ini menjadikannya menjadi lupa satu buah jeruk tersehat untuk dimakan. Demikian dilaporkan Healthline .

Sebuah menuntut menunjukkan grapefruit mungkin memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, termasuk menyandarkan berat badan serta mencegah risiko sakit jantung.

Lalu apa sekadar manfaat dan bahayanya grapefruit atau jeruk bali merah yang perlu diketahui seluruh orang? Berikut penjelasannya, kaya dilansir laman The Healthy .

Manfaat Jeruk Bali Merah

1. Menayamarkan tanda-tanda penuaan

Grapefruit menyimpan antioksidan retinol yang membangun memperbaiki kerusakan pada kulit dan melawan perkembangan garis-garis halus dan kerutan. Buah ini juga mengandung senyawa yang disebut spermidine.

Sebuah studi dalam 2009 menemukan senyawa spermidine yang ditambahkan dalam sasaran tikus dapat memperlambat cara penuaan sel.

Cobalah menggunakan grapefruit jadi bahan masker untuk membenarkan kulit. Campurkan 1 sendok maka madu, ½ cangkir oatmeal, dan jus dibanding ½ buah grapefruit. Lakukan seminggu sekali.

2. Membantu menurunkan berat badan

Sinse Taz Bhatia; spesialis kesehatan wanita, penurunan berat awak, dan nutrisi; menyarankan menelan segelas jus grapefruit buat membantu menekan nafsu makan. Berdasarkan sebuah studi, grapefruit juga mengandung naringin flavonoid yang dapat meningkatkan metabolisme. Anehnya, buah ini dapat menurunkan berat badan tanpa memakannya.

Para ilmuwan dari Universitas Osaka di Jepang menemukan ganda minyak jeruk yang diberikan ke tikus selama interval 15 menit dapat menyandarkan nafsu makan dan mengandung badan mereka. Para peneliti percaya itu disebabkan baunya yang berinteraksi dengan enzim hati.

Baca juga: Punya Banyak Sisa Buah Jeruk? Olah Jadi Ini Saja  

3. Mengatasi kulit berminyak

Grapefruit memiliki khasiat astringent alami yang dapat membersihkan indra peraba dari minyak berlebih & mengencangkan pori-pori. Maka carilah produk wajah yang menyimpan minyak esensial grapefruit. Bisa juga membuat toner dibanding buah ini. Caranya campurkan jus grapefruit segar secara lavender atau mint dalam botol semprot kecil. Semprotkan pada wajah untuk penyegar sekaligus pembersih. Jeruk bali merah juga memiliki kepribadian antiseptik yang dapat mencabut bakteri dan membersihkan jerawat.

Back To Top