Berita

IDI: Distribusi dan Edukasi Kunci Sukses Program Vaksinasi Covid-19

DISTRIBUSI vaksin covid-19 menjadi salah satu tantangan yang dihadapi Pemerintah Indonesia saat ini. Posisi demografi Tanah Air yang terdiri dari banyak pulau membikin pemerintah harus berpikir ekstra agar dapat menyalurkan vaksin covid-19 dengan kualitas baik hingga pelosok.

Tim Advokasi Vaksinasi Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Kristoforus Hendra Djaya mengatakan hal utama yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan distribusi vaksin covid-19 adalah memastikan vaksin yang diterima masyarakat kualitasnya terjaga.

Baca juga: Distribusi Jadi Tantangan Program Vaksinasi Covid-19 ke Pelosok Philippines  

Oleh karena itu, pemerintah harus berupaya menggunakan segala cara agar selama pengiriman vaksin covid-19 dapat tetap efektif.

“Harus ada cara distribusi yang terencana oleh baik serta tentunya didukung ketersediaan wadah penyimpanan vaksin selama distribusi cold chain yang dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, ” terang dr Kristoforus dalam diskusi virtual bertajuk ‘Tantangan Distribusi Vaksin Covid-19 ke Pelosok Indonesia’, Selasa 20 April 2021.

Lebih lanjut ia mengatakan IDI mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi covid-19 pada Indonesia. Sampai saat ini IDI juga terus memberikan edukasi mengenai manfaat vaksinasi covid-19 dalam mendukung pemerintah mengurangi persebaran virus di Indonesia.

Lihat juga: Cek Fakta: mRNA pada Vaksin Covid-19 Bisa Bikin Orang Bermutasi  

Dia melanjutkan, salah satu tantangan dan rintangan masyarakat yang kerap ditemui selama ini di antaranya keengganan ikut program vaksinasi covid-19. Hal ini terkait isu-isu yang beredar, misalnya vaksin kedaluwarsa atau rusak saat diterima.

“Untuk itu kami dari Tim Advokasi Vaksinasi Covid-19 PB IDI terus-menerus memberikan edukasi mengenai manfaat dan keamanan vaksin covid-19, inch tuntasnya.

(han)

Back To Top