Berita

Fakta Unik Mooncake Festival, Tradisi Berbagi Kue Bulan Masyarakat Tionghoa

MASYARAKAT keturunan Tionghoa merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur (Mid-Autumn Festival) atau lebih dikenal sebagai Mooncake Festival yang diadakan setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan China. Pada 2021, Festival Pertengahan Musim Gugur ini jatuh pada Selasa 21 September.

Masyarakat Tionghoa umumnya akan mendapatkan libur selama tiga hari mulai dari 19 – 21 September untuk merayakan festival ini. Namun, secara tradisional orang Tionghoa akan mulai mempersiapkan festival mulai dari 1 minggu sebelumnya.

Merangkum dari China Highlights, Selasa (21/9/2021), para pelajar taman kanak-kanak dan sekolah dasar di China akan mengadakan perayaan ini 1 atau 2 hari sebelum hari libur. Para siswa didorong untuk membuat lampion untuk dekorasi kelas, berbagi cerita festival dengan teman sekelas, dan/atau membuat makanan festival untuk dibagikan satu sama lain.

Mooncake Festival

Festival Pertengahan Musim Gugur ini juga merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk memberi hadiah yang bagus. Orang Tionghoa dapat membuat kue bulan atau membelinya sebagai hadiah ke orang lain beberapa hari sebelumnya.

Biasanya kue bulan ini dikirimkan kepada anggota keluarga, teman, kolega, atau pemimpin mereka selama masa festival.

Festival Pertengahan Musim Gugur juga memiliki sejumlah fakta unik dan menarik. Sebab festival ini selalu dirayakan pada bulan ke-8 hari ke-15 dari Kalender Lunar China, dan selalu jatuh pada bulan September atau Oktober. Menurut kalender lunar China, bulan ke-8 adalah bulan kedua musim gugur.

Baca Juga : Kenapa Kue Bulan Wajib Ada di Festival Pertengahan Musim Gugur?

Pada tanggal 15 setiap bulan kalender lunar, bulan berada pada titik paling bulat dan paling terang, melambangkan kebersamaan dan reuni dalam budaya Tiongkok. Keluarga berkumpul untuk mengekspresikan cinta dengan makan malam bersama, menghargai bulan dengan cara memakan kue bulan.

Back To Top