Berita

Emak, Kenali Tanda Bayi Sudah Siap Mendapat MPASI

MAKANAN pendamping air susu ibu atau MPASI paling tepat mulai diberikan ketika ASI sudah tidak mampu mencukupi kebutuhan si kecil, atau bisa serupa ketika bayi berusia 6 bulan. ASI sebenarnya lulus memenuhi kebutuhan anak selama 6 bulan dan mampu dilihat dari indikator tumbuh kembang yang baik. Namun, dokter menilai jika ASI sudah tidak memenuhi keinginan anak meski belum lengkap 6 bulan, makanan pembantu boleh diberikan.

“Tetapi jangan berikan MPASI lebih dari 6 kamar. Setelah 6 bulan ada kekurangan sekitar 200 kalori yang harus ditambahkan sebab MPASI untuk menunjang muncul kembang yang optimal, ” jelas konsultan nutrisi dan penyakit metabolik anak FKUI-RSCM dr Titis Prawitasari Sp. A (K) dalam bincang-bincang virtual, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: MPASI Ikan Teri Bagus buat Tulang Bayi Loh Bund  

Tanda bayi sudah jadi mendapat asupan gizi pada luar ASI salah satunya adalah kemampuan menegakkan besar, sehingga dia sudah berkecukupan menopang dada ketika didudukkan. Kemudian refleks menjulurkan bertopang ketika ada makanan di mulut (ekstrusi) sudah berkurang. Anak juga dianggap telah siap ketika bersemangat saat melihat makanan, serta mampu meraih dan memasukkan apa saja ke dalam menduri.

Menu Pembuka

Menu apa yang cocok untuk MPASI anak selalu jadi perbincangan hangat di kalangan orangtua, terutama mereka yang baru memiliki anak. Ia mengatakan, orangtua tidak bisa memberikan hanya satu macam makanan, melainkan menu sempurna yang mengandung karbohidrat, zat putih telur sekaligus lemak.

“Misalnya dalam satu keadaan ada beberapa yang tidak tercukupi, jalan keluarnya ialah frekuensi makannya diberikan beberapa kali. Dengan frekuensi makan yang beberapa kali, jika dijumlah dalam sehari dia akan tercukupi. Jangan dalam satu mangkok semua-semuanya dikasih. Ingat, kapasitas si budak itu kecil. Jadi, kecil tapi sering, ” paparnya.

Mengaji juga: Usia Berapa Sih Bayi Boleh Makan Es Krim?  

Frekuensi pemberian makanan pendamping ASI pada anak usia 6–8 bulan sekira 2–3 kali dalam sehari. Ibu bisa memberikan MPASI dalam masa dua jam setelah menyusui. Misalnya anak disusui dalam pagi hari, berikan tempat MPASI dua jam lalu, lalu kembali susui perut jam berselang, dan berikan MPASI lagi dua jam kemudian. Selebihnya susui bujang saat lapar.

“Saran saya adalah 2–3 jam sekali boleh diberikan makan dan diikuti aksen tidurnya si anak, ” jelasnya.

Back To Top