Berita

Bisakah Manusia Tularkan Virus Covid-19 ke Kucing?

Bisakah Manusia Tularkan Virus Covid-19 ke Kucing?

VIRUS corona bukan hanya dapat menular dibanding manusia ke manusia, tapi ternyata juga menular antar-hewan. Salah utama hewan yang bisa terpapar virus corona covid-19 adalah kucing dan anjing.

Para-para peneliti menemukan bahwa kucing bisa menyebarkan virus Covid-19 ke kucing lain yang tidak terinfeksi. Namun, kucing tidak memperlihatkan tanda-tanda klinis penyakit, beda dengan manusia.

Meski demikian, belum ada bukti bahwa kucing menularkan virus ke bani adam. Tapi, apakah manusia bisa memindahkan virus covid-19 ke kucing?

Menurut laporan Huffpost, Jonathan Ball, profesor virologi molekuler di University of Nottingham pernah menyatakan bahwa kucing menghasilkan tingkat virus yang sangat rendah. “Itulah sebabkan kucing diyakini tiak menularkan virus ke manusia, ” katanya.

Tapi, fakta dengan tak bisa dielak adalah pribadi bisa menyebarkan virus corona ke kucing. Ini tertuang di studi terbaru yang mengatakan bahwa berlaku ‘zoonosis terbalik’. Jadi, penularan terjadi dari manusia ke hewan, real pada umumnya dari hewan ke manusia.

Sebab itu, sangat disarankan untuk penderita Covid-19 pemilik kucing untuk tidak mengelusnya, membelainya, menciumnya, dan menetapkan kucing kesayngan tidak menjilat Kamu. “Kalau mau menyentuhnya, pastikan telah cuci tangan terlebih dulu, pra dan sesudah, ” tulis laporan ini.

Tatkala itu, Daniella Dos Santos, pemimpin British Veterinary Association merekomendasikan para pemilik kucing peliharaan yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk memastikan hewan peliharaan ada di kandangnya. “Tapi, saran ini kami berikan kalau kucing Anda memang suka beruang di kandang, ” tambahnya.

Back To Top