Berita

Antibodi Covid-19 Bisa Diwariskan lewat ASI, Bumil dan Busui Yuk Ikutan Vaksin

IBU hamil dan menyusui memang diperbolehkan mendapatkan vaksin. Pasalnya mereka dianggap menjadi kaum yang rentan bila tertular Covid-19, apalagi masih harus menyusui bayinya.

Hal tersebut sudah tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/368/2021 per 11 Februari 2021, tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Memang, vaksinasi sendiri sudah dilakukan di beberapa tempat.

Namun, masih banyak sebagian masyarakat yang bertanya-tanya, apakah vaksin Covid-19 aman untuk ibu menyusui? Pakar nutrisi UNICEF Indonesia Ninik Sukotjo mengatakan, ibu yang menyusui bisa dan aman untuk disuntikkan vaksin Covid-19.

Ibu menyusui sudah dinyatakan aman divaksin Covid-19. Beberapa dokter pun tidak menentukan vaksin mana yang lebih aman untuk ibu menyusui, karena semua jenis vaksin sudah terbukti aman dan memberikan manfaat yang serupa yaitu proteksi dari infeksi Covid-19.

“Untuk merek mana yang paling direkomendasikan, tidak ada spesifik karena semua merek vaksin aman dan sudah disarankan ahli maupun Kementerian Kesehatan,” kata Dokter Caessar Pronocitro, Sp.A dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya saat live Instagram @Ibu2Canggih.

Banyak juga pertanyaan diajukan masyarakat terkait apakah benar antibodi dari ibu divaksin Covid-19 keluar melalui ASI? Yang mana artinya, si bayi minum ASI dari ibu yang divaksin secara tidak langsung memiliki antibodi melawan Covid-19?

Dokter Caessar membenarkan hal tersebut. Artinya betul bahwa ASI dari ibu divaksin Covid-19 mengandung antibodi yang bisa melawan Covid-19.

“Antibodi yang dibentuk tubuh dari ibu yang divaksin Covid-19 ini keluar lewat ASI. Jadi, secara tidak langsung bayi dari ibu yang divaksin punya proteksi antibodi melawan Covid-19,” katanya.

Back To Top