Berita

5 Cara Efektif Meredakan Indra peraba yang Terbakar Sinar Matahari

SERINGKALI terasa kulit terbakar saat sungguh-sungguh lama terkena sinar matahari. Terlalu lama terpapar cahaya uaviolet (UV) matahari pula tidak baik, pasalnya ini dapat menyebabkan kerusakan masa panjang pada kulit.

Kerusakan ini meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit. Lalu jika sudah terpapar sinar matahari terlalu lama, lakukan hal beserta untuk menaggulanginya, seperti dikutip dari laman AAD , Jumat (9/4/2021).

Baca juga: 5 Jalan Jitu Membuat Kulit Lebih Sehat dan Bercahaya  

1. Sering makbul atau berendam air dingin

Seringlah makbul atau berendam air sejuk, karena bisa membantu menghentikan nyeri pada kulit akibat rasa terbakar sinar matahari. Tetap biarkan kulit terhidrasi agar tidak kekeringan.

Ilustrasi sinar matahari. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

2. Gunakan pelembab

Gunakanlah pelembap dengan mengandung lidah buaya atau kedelai. Kandungan ini benar baik untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Oleskan krim hidrokortison yang bisa dibeli tanpa resep jika kulit yang terbakar sangat parah.

3. Konsumsi ibuprofen

Jika merasa merasai pembengkakan, kemerahan, dan menemui tidak nyaman; konsumsilah aspirin atau ibuprofen. Tapi, langkah ini perlu dikonsultasikan secara orang yang lebih mampu.

Baca juga: Mengenal Minyak Argan, Sangat Bermanfaat untuk Indra peraba hingga Jantung  

4. Minum lebih penuh air

Luka bakar akibat tersengat cahaya matahari dapat menarik larutan yang ada di awak. Maka itu, minumlah bertambah banyak air saat merasa terbakar sinar matahari untuk membantu mencegah dehidrasi.

5. Gunakan pakaian yang menutupi kulit

Ketika kulit pantas iritasi akibat terpapar sinar matahari, kenakanlah pakaian yang menutupi kulit saat beruang di luar ruangan.

(han)

Back To Top