Berita

3 Alasan Kucing Sering Menjilati Jari-Jari Pemiliknya

HAL yang wajar jika seekor anjing menjilati tangan pemiliknya. Hal itu merupakan bentuk kasih sayangnya kepada sang pemilik. Namun, apakah hal itu sama dengan kucing?

Terkadang makhluk menggemaskan tersebut juga suka menjilati jari-jari pemiliknya. Kira-kira kenapa ya? Apakah itu bentuk rasa sayang kucing kepada pemiliknya? Atau, mereka hanya ingin menjilatinya saja?

Sebagaimana dikutip dari laman Cattime, Rabu (8/9/2021), berikut ini tiga alasan kucing suka menjilati sesuatu, termasuk jari-jari pemiliknya.

Baca juga: Viral Anjing Pisahkan 2 Kucing Berkelahi, Netizen: Penengah yang Baik 

Hewan kucing.

1. Menandai Anda pemiliknya

Kucing kerap menjilat untuk menandakan bahwa Anda adalah pemilik mereka. Hal ini sama dengan induk kucing yang menjilati anaknya. Dengan menjilati, mereka menandai sesuatu dengan bau uniknya hingga mereka bisa mengenali bahwa itu milik atau sesuatu yang mereka kenali sebelumnya.

Sama halnya dengan induk kucing yang menjilati anaknya. Sang induk akan mengenali anaknya lewat bau yang sudah dia tandai. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati jika menyentuh atau merawat anak kucing. Jangan sampai baunya tersamarkan dan membuat sang induk menganggap kalau itu bukan anaknya. Hal tersebut bisa membuat induk kucing enggan menyusui dan merawat anaknya.

Baca juga: Hari Kucing Sedunia, Kenali 6 fakta Unik Seputar Hewan Berbulu Ini 

2. Merasa cemas

Jika kucing Anda menjilati tubuhnya terlalu berlebihan, itu pertanda bahwa mereka merasa cemas. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu sumber kecemasan mereka dan segera menyingkirkannya. Anda bisa membawanya ke dokter hewan jika kucing Anda menjilati tubuhnya secara berlebihan.

Back To Top